Sabtu, 17 Januari 2009

PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN

Pepatah mengatakan “Kebersihan adalah pangkal kesehatan”, oleh sebab itu kebersihan harus kita jaga dan kita lestarikan.

Kebiasaan membuang sampah sembarangan, misalnya di selokan atau di sungai bisa menimbulkan saluran air menjadi macet. Hal ini bisa menyebabkan bencana banjir. Adanya banjir bisa menimbulkan penyakit seperti diare, muntaber dan disentri. yang bisa menimbulkan korban jiwa.

Banjir bisa juga disebabkan oleh gundulnya hutan akibat ditebang oleh para pencuri kayu. Hilangnya hutan akibat penebangan pohon secara liar menyebabkan air hujan yang turun tidak bisa tertahan oleh akar pepohonan yang sudah tinggal sedikit. Hujan deras dapat membawa air, tanah dan kotoran dalam jumlah yang besar dan bisa menyebabkan longsor dan banjir.

Bencana banjir adalah akibat ulah manusia yang tidak perduli terhadap lingkungan. Ternyata masih ada orang yang mencemari lingkungan di sekitar kita. Oleh sebab itu kita harus bisa menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah terjadinya bencana dengan cara jangan membuang sampah dan menebang pohon sembarangan.

Menjaga kebersihan lingkungan sangat dianjurkan dalam agama kita. Kebersihan adalah sebagian dari iman. Bahkan, siapa saja yang mau menjaga kebersihan akan mendapat pahala dari Allah Swt. Dengan pola hidup bersih dan rapi, kita akan merasa nyaman.
Mari kita rajin menanam pohon atau tanaman hijau lainnya di sekitar kita. Menanam pohon bisa membuat udara terasa sejuk. Menanam pohon di hutan yang sudah gundul disebut dengan penghijauan atau reboisasi. Melalui penghijauan bisa mencegah datangnya banjir dan longsor.

* * *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar